Jumat, 05 Maret 2010

Perbedaan masyarakat kota dan desa

Sekedar opini saya, perbedaan mendasar dari masyarakat kota dan desa adalah terletak dari gaya hidup mereka masing-masing. Dikarenakan gaya hidup mereka tercemin dari lingkungannya masing-masing. Pada orang kota lingkungan mereka terbentuk dari istilah “waktu adalah uang” maka banyak sebagian dari mereka lebih mementingkan diri sendiri dari pada orang lain, tidak hanya dalam bersosialisasi. Dalam hal lain seperti pakaian mereka cenderung mengikuti mode terakhir agar supaya mengejar sebuah kata yaitu modis. Dalam hal makanan sebagain dari mereka memilih makanan siap saji, memang banyak juga yang memilih makanan organic. Tetapi itu tidak lah murah, harus di tebus dengan harga yang lumayan menguras kantong.
Berbeda sekali dengan masyarakat desa yang hidup sederhana dan bersahaja. Mulai dari sosialisasi mereka hampir pasti mengetahui tetangga mereka, biarpun jaraknya cukup jauh. Dalam hal berpakaian mereka tidak terlalu ambil pusing. Tetapi Rata-rata masyarakat desa masih banyak yang kurang mengerti tentang keadaan terkini di Indonesia, atau istilahnya kurang update, gaptek, dan lain sebagainya. Berbeda sekali dengan masyarakat kota yang dengan mudah mendapatkan informasi.
Tapi sekarang perkembangan masyarakat desa tidak kalah dengan masyarakat kota. Diberbagai desa telah banyak teknologi yang menunjang untuk kelestarian hidup mereka. Seperti : Listrik, telepon, internet, dan lain-lain. Dan juga dengan masyarakat kota mulai memberi perhatian lebih kepada lingkungan masing-masing. Mereka sudah tidak begitu cuek dengan lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar