Jumat, 05 Maret 2010

Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Kemiskinan

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan satu kesatuan, dimana setiap perkembangan teknologi pasti didasari oleh pengetahuan yang baru. Ilmu pengetahuan layaknya semesta tak terbatas, tak berujung, dan sangat luas. Sedangkan teknologi tercipta dari pengetahuan manusia tentang sesuatu. Dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi sangat membantu kelangsungan hidup manusia, terlebih lagi teknologi. Sekarang kita tidak usah repot lagi untuk mencari alamat yang asing, pakai saja GPS maka sistem yang akan mengantar kita ketempat tujuan.

Teknologi mulai mencapai kejayaannya pada revolusi industri di Inggris pada abad ke 18. Dimana James Watt menemukan mesin uap. Tetapi pada saat revolusi industri kemiskinan makin merajalela, disebabkan banyak buruh yang di pecat atau di kurangi upahnya dikarenakan pekerjaan mereka digantikan oleh mesin. Dan hanya pemilik pabrik yang menuai untung banyak.

Apakah ilmu pengetahuan dan teknologi mampu mengentaskan kemiskinan? Sekedar opini saya mungkin ya mungkin tidak. Dikarenakan sebuah teknologi terbaru seperti jaman sekarang agak lebih berpihak kepada masyarakat kalangan menengah ke atas. Seperti gadget terbaru, mobil terbaru, dan lain sebagainya. Tetapi teknologi juga banyak menyerap tenaga kerja baru yang sangat berarti untuk masyarakat menengah ke bawah.
Jadi teknologi mampu mengentaskan kemiskinan jika di lakukan dengan cara yang tepat dan tidak berpihak kepada keuntungan saja. Dan semua itu harus didasari oleh manusia yang tidak hanya memilki pengetahuan tapi bijaksana dalam mengambil sikap…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar